Rabu, 04 November 2015

Dinas Kebersihan DKI Beli 652 Truk Sampah Baru


Dinas Kebersihan DKI Beli 652 Truk Sampah Baru Foto: detikcom
Jakarta - Dinas Kebersihan (Dinsih) DKI menargetkan pembelian 652 unit truk sampah tahun ini. Truk tersebut memiliki penampungan bak licid sehingga air sampah tidak menetes di jalanan.

"Kita sudah beli 352 truk baru dari anggaran 2015 dan rencana anggaran tambahan kalau bisa sekitar 300-an unit truk. Semua spesifikasi truk sampah ada penampungan bak licid serta GPS," ujar Kadinsih DKI Isnawa Adji melalui pesan singkat, Rabu (4/11/2015).

Dari 652 unit, saat ini Dinsih DKI baru membeli 352 unit. Kemudian sisanya menunggu tambahan anggaran disahkan oleh DPRD DKI. Dengan penambahan jumlah tersebut, Isnawa berharap bisa menggantikan truk sampah lama yang sudah berkarat. Namun 352 uni truk yang sudah dibeli itu belum dapat beroperasi lantaran harus menunggu hasil uji KIR.

"Dalam waktu dekat lagi nunggu KIR selesai," terangnya.

Sebelum ini, Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) menyebut truk-truk yang dikeluhkan oleh warga Cileungsi karena menyebarkan bau tak sedap dan air limbanya yang mengucur itu bukan milik Pemprov melainkan sewaan dari swasta. Pihaknya sudah lama mengajukan pembelian truk sampah modern namun selalu ada saja halangannya.

"Semua truk baru itu anti leachate (lindi) loh. Semua truk sampah kita yang baru ada tangki ada tangki khusus supaya airnya enggak jatuh dan bau. Justru saya bilang yang bocor-bocor itu truk sewaan," ujar Ahok di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, hari ini.

"Truk kita yang datang bagus-bagus semua. Semua pakai tangki air licid tadi. Jadi yang masalah itu swasta sebetulnya yang kita sewa," lanjut dia.
(aws/rvk)
Sumber: Detik.com

0 komentar:

Posting Komentar